Breaking

Monday, September 3, 2018

Yesus Kristus adalah Sang Mesias


Mesias adalah Tuhan dan Juru Slamat dunia. Dialah Yesus Kristus Tuhan kita.
Sesuai dengan nubuatan Yesaya tentang Yesus, “Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa” (Yesaya 2:4a) ; Keturunan Isai  Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah (Yesaya 11:1).

Sebutan Mesias bermakna khusus

Dalam Perjanjian Lama Yang Diurapi adalah para imam, nabi dan raja Israel. Tapi sampai saat ini tidak ada satu pun dari mereka yang disebut sang Mesias.
Pengertian Sang Mesias menjadi bermakna khusus yang ditujukan pada seorang tokoh Israel di masa depan, yang akan menjadi raja Israel dan kerajaannya kekal dan penuh kuasa.

Nubuatan tentang Sang Mesias

Tanda-tanda mengenai seperti apa sang Mesias ini, bagaimana lahirnya, apa yang diperbuatnya dan bagaimana kematiannya telah dinubuatkan oleh para nabi Israel, sebagaimana telah kita baca. Nubuatan itulah yang kemudian menjadi dasar bagi bangsa Israel menantikan Mesias.

Mereka masih menantikan Mesias
Sampai saat ini bangsa Israel penganut Yudaisme (agama berdasarkan hukum Taurat) masih menanti-nantikan datangnya Mesias yang akan menjadi Raja Israel secara duniawi.
Pikiran mereka tertutup oleh persepsi keliru sehingga tidak menyadari bahwa sesungguhnya Yesuslah Mesias yang mereka nantikan sesuai nubuatan para nabi yang ditulis dalam  Perjanjian Lama.

Para murid pun masih keliru

Namun kita tidak dapat menyalahkan mereka sepenuhnya, Mengapa? Sebab bahkan setelah Yesus bangkit dari kematian, para muridNya pun masih bertanya, "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" (Kis. 1:6)
Jadi walau pun para murid percaya bahwa Yesus adalah Mesias, tapi mereka masih  membayangkan Yesus adalah Mesias yang akan menjadi raja Israel secara duniawi.

Nubuatan nabi lain tentang Mesias dan penggenapannya dalam Yesus

Berikut akan ditambahkan lagi beberapa nubuatan nabi lain dan penggenapannya pada diri Yesus:

1.  Nabi Mikha.
Tempat kelahiran Mesias “Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala” (Mik. 5:1)
   Penggenapan
“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem” (Matius 2:1)

2.  Nabi Maleakhi.
Utusan Allah mendahuluiNya “Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku!” (Maleakhi 3:1a) “Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.” (Maleakhi 4:5)
   Penggenapan
“dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya." (Luk. 1:17)

3.  Nabi Zakaria.
Mesias mengendarai keledai muda “Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.” (Zakaria 9:9)
   Penggenapan
“Dan sementara Yesus mengendarai keledai itu mereka menghamparkan pakaiannya di jalan.” (Lukas 19:36)

Dijual 30 uang perak “Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak.” (Zak. 11:12b) “Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN.” (Zakaria 11:13b)
   Penggenapan
Ia berkata: "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. (Matius 26:15)
“Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.” (Matius 27:7)

Mesias ditikam “mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam” (Zakaria 12:10b)
   Penggenapan
“seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak” (Yohanes 19:34)

Domba yang tercerai berai "Bunuhlah gembala, sehingga domba-domba tercerai-berai!” (Zakaria 13:7b)
   Penggenapan
“Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi." Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri. (Matius 26:56)

Dalam Perjanjian Baru, siapa yang menyatakan Yesus itu Mesias?

Dalam Perjanjian Baru, Yesus sebagai Mesias atau Kristus telah dinyatakan oleh:

Malaikat Gabriel. “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” (Lukas 2:11),

Murid Yesus, yaitu Andreas, "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)." (Yohanes 1:41b), Petrus, "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" (Matius 16:16), Yohanes, “supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah.” (Yohanes 20:31b), dan Marta, "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah." (Yohanes 11:27a) 

Pengakuan orang banyak, "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?" (Yohanes 7:31)
     
Setan, Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbo-lehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias. (Lukas 4:41)

Apakah Yesus sendiri menyatakan DiriNya Mesias?

Yesus juga menyatakan diriNya Mesias, Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau." (Yohanes 4:25-26)
Silakan baca juga Yohanes 17:3; Markus 14:61-62; Lukas 24:46-47.

Ketika Petrus mengatakan “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup”. (Matius 16:16b) Yesus menambahkan kepada Petrus bahwa Bapa di Sorgalah yang menyatakan itu. (Matius 16:17)

Tuhan kita Yesus adalah Sang Mesias yang telah dinubuatkan Allah melalui para nabiNya. Dia adalah Allah yang turun ke dunia demi mengaruniakan keselamatan kekal bagi yang percaya padaNya. Ada banyak mesias palsu. Tapi Yesus adalah Sang Mesias sejati. Sembahlah Dia dengan hormat dan takut. Jangan pernah berhenti menyembahNya. Dialah Tuhan kita yang telah membayar lunas hidup kita, hidup keluarga kita dan hidup semua umat manusia yang mau mengakui bahwa Dia adalah Tuhan dan Juru Slamat Dunia. Terima Kasih. God Bless.

No comments:

Post a Comment