Breaking

Monday, September 3, 2018

Nubuat Nabi Yesaya tentang Mesias


Sebelum kita masuk pada nubuatan Nabi Yesaya, mari kita pelajari dulu tentang nabi Yesaya. Karena dengan begitu kita akan lebih mudah mencerna tentang pengajaran yang berikutnya. Yaitu Nubuatan nabi Yesaya tentang Mesias.

Nabi Yesaya

Yesaya adalah nabi di Yudea abad ke-8 SM. Ia menjadi nabi pada tahun matinya raja Uzia, sekitar tahun 740 SM. Yesaya bernubuat sekurang-kurangnya 40 tahun pada zaman raja Uzia, Yotam, Ahas, dan Hizkia dari Kerajaan Yehuda.
Dalam bahasa Ibrani disebut “Ysya'yahu” yang artinya "Yah (TUHAN) adalah keselamatan"

Kitab Yesaya

Nabi Yesaya adalah penulis kitab Yesaya. Kitab ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

Pasal 1-39
Saat Kerajaan Yehuda diancam oleh bangsa Asyur, akibat dosa bangsa Yehuda yang tidak taat pada Tuhan. Yesaya memperingatkan agar bangsa ini bertobat. Jika tidak, umat Tuhan akan celaka dan binasa. Yesaya juga menubuatkan kedatangan seorang keturunan Daud yang akan menjadi raja yang dinanti-nantikan.

Pasal 40-55
Ditujukan pada orang Yehuda yang hidup dalam pembuangan di Babel. Yesaya memberitakan Tuhan segera membebaskan umat-Nya. Tuhan akan mengutus umat-Nya ke segala bangsa yang akan diberkati melalui Israel.

Pasal 56-66
Ditujukan pada bangsa yang sudah kembali ke Yerusalem. Tuhan akan memenuhi janji-Nya kepada bangsa itu. Ayat penting ialah 61:1-2 yang dipakai Yesus untuk menyatakan panggilan-Nya ketika Ia memulai tugas-Nya di dunia.

Nubuatan Nabi Yesaya tentang Mesias dan Penggenapannya dalam Yesus

“Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi” (Matius 1:22)

Menjadi Hakim Bangsa-bangsa. “Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa” (Yesaya 2:4a)

           Penggenapan: "Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia" (Yohanes 5:27)

Mesias dilahirkan seorang perawan. “seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14b)
Penggenapan: “Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.” (Matius 1:18)


Mesias disebut Allah yang Perkasa “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai” (Yesaya 9:5)
Penggenapan: Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" (Yohanes 20:28)

Menduduki Tahta Daud yang Kekal “Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya” (Yesaya 9:6a)
Penggenapan: “Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." (Lukas 1:32-33)

Keturunan Isai  Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah (Yesaya 11:1)
Penggenapan: “Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria” (Matius 1:6)

Melakukan banyak mujizat  “Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; (Yesaya 35:5-6)
Penggenapan: “Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.” (Lukas 5:15)

Jalan bagi Mesias akan dipersiapkan  Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!” (Yesaya 40:3)
Penggenapan: Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" (Matius 3:1-2)

Dipukul dan diludahi “Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.” (Yes. 50:6)
Penggenapan: “Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia” (Matius 26:67)

Mesias tidak akan dipercaya. “Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar?” (Yesaya 53:1a)
Penggenapan: “Dan meskipun Yesus mengadakan begitu banyak mujizat di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya kepada-Nya” (Yohanes 12:37)

Mesias akan dihina  “Ia dihina dan dihindari orang” (Yesaya 53:3a)
Penggenapan: “Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia (Matius 27:41)

Dia menanggung penyakit kita “Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya” (Yesaya 53:4a)
Penggenapan: “Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit.” (Matius 8:16)

Mesias ditikam.“Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita” (Yesaya 53:5a)
Penggenapan: “tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak” (Yohanes 19:34)

Kejahatan kita ditimpakan padaNya “TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.” (Yesaya 53:6b)
Penggenapan: “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran.” (1 Pet. 2:24)

Tidak membuka suara. “tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian.” (Yesaya 53:7b)
Penggenapan : “Tetapi Ia tidak menjawab suatu katapun, sehingga wali negeri itu sangat heran.” (Matius 27:14)

MatiNya di antara penjahat. “dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat” (Yesaya 53: 9b)
Penggenapan: “Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya.” (Matius 27:38)

Korban penebus salah. “Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah” (Yesaya 53:10b)
Penggenapan: “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,” (Efesus 1:7)

Mesias orang benar.  “hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar” (Yesaya 53:11a)
Penggenapan: “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh. 14:6)

Berdoa untuk pemberontak  “berdoa untuk pemberontak-pemberontak.” (Yes. 53:12c)
Penggenapan: Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." (Lukas 23:34)

Diurapi oleh Tuhan  “Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku. Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati” (Yesaya 61:1a)
Penggenapan: “orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.” (Matius 11:5)

Membebaskan Tawanan “untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara” (Yesaya 61:1c)
Penggenapan: "dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara (1 Petrus 3:19)

Demikianlah nubuatan nabi Yesaya mengenai Mesias yang telah digenapi di dalam pribadi  Tuhan Yesus. Sungguh Yesus adalah Mesias, sang Juru Selamat, Hakim Agung, Bapa yang kekal dan Raja di atas segala Raja. Terima kasih. Kiranya artikel ini dapat bermanfaat bagi semua saudara – saudara. Terima kasih. God Bless.

No comments:

Post a Comment