SUKKOT sama dengan Puncak Perayaan Minum Air Hidup
Yohanes 7:37 (TB) Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!
Arti
PONDOK DAUN SUKKOT sekarang: (23-30sept 2018)
- Hari Raya Pengumpulan Tuaian (Feast Of Ini Gathering)
- Makan dan Tinggal Di Pondok-pondok Daun.
- Dimusim Gugur : Dingin dan Tidak Nyaman
- Dirayakan Tujuh Hari (8 Hari Di Luar Israel)
- Bersukacita, Menyanyi, Menari Semalaman
- Dengan Api dan Air
Mari belajar tentang perayaan – perayaan yang ada di
Alkitab. Salah satunya adalah Hari Raya Pondok Daun (bahasa Ibrani: סוכות or סֻכּוֹת,
sukkōt) atau perayaan Tabernakel adalah sebuah Hari Raya Yahudi; merupakan
perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen yang dirayakan selama
tujuh hari pada bulan purnama di antara bulan September dan Oktober. Tepatnya,
hari raya ini dilaksanakan pada 15 Tisyri menurut Kalender Yahudi).
Perayaan
ini disebut dengan “Sukkot” dalam bahasa Ibraninya karena aspek utama dari
festival ini adalah sebuah pondok (sukkah). Perayaan ini adalah salah satu dari
3 hari raya peziarahan bagi orang Yahudi, selain Shavuot dan Pesakh. Pada masa
perayaan ini, umat Yahudi berziarah ke Bait Allah di Yerusalem sambil membawa
persembahan.
Kemudian, setelah bangsa Israel memasuki tanah
perjanjian, Sukkot dikaitkan dengan panen musim gugur dan kemudian dikenal
sebagai Chag ha-Asif (“Hari Raya Pengumpulan” (hasil panen) pada akhir tahun).
Tradisi-tradisi tertentu dimasukkan ke dalam pelaksanaan Sukkot, termasuk
mendekorasi sukkah, melakukan seremoni khusus “mengayunkan” “Empat Spesies”
(yaitu, lulav), mengelilingi sinagoga dalam sebuah prosesi sembari menyanyikan
lagu-lagu pujian (hakkafot), dan mengucapkan berbagai berkat-berkat Ibrani
untuk menguduskan perayaan.
Sementara Torah menyatakan bahwa Sukkot adalah hari raya
tujuh hari (Imamat 23:34; Ulangan 16:13), sebuah hari tambahan yang disebut
“Shmini Atzeret” juga ditambahkan (Imamat 23:36; Bilangan 29:35). Dan karena
Sukkot menandai akhir tahun pertanian, sebuah hari raya selanjutnya yang
disebut Simchat Torah ditambahkan untuk merayakan akhir siklus pembacaan Torah
untuk tahun itu.
Sukkot dirayakan selama delapan hari di Israel dan
sembilan hari di Diaspora. Di Israel hari kedelapan Sukkot menggabungkan baik
Shmini Atzeret dan Simchat Torah, sedangkan di Diaspora, hari kedelapan
perayaan adalah Shmini Atzeret dan hari kesembilan adalah Simchat Torah. Selama
hari pertama dan hari terakhir Sukkot tidak ada “pekerjaan” normal (melakhah)
yang diizinkan untuk dilakukan (lihat Imamat 23:39). Hari-hari pertengahan
Sukkot disebut Chol Ha-Mo’ed, separuh hari raya dimana aktivitas pekerjaan
normal diizinkan. Karena Sukkot adalah perayaan delapan hari, akan selalu ada
setidaknya satu hari Shabbat yang terjadi selama perayaan berlangsung.
Karena kita diperintahkan untuk bersukacita selama hari
raya Sukkot atas berkat penyediaan dan pemeliharaan Elohim atas hidup kita
(Ulangan 16:14-15), dipandang sangat penting untuk memberikan tzedakah
(sedekah) selama periode ini.
Dari
Yom Kippur Sampai Sukkot
Ingatlah persiapan untuk Hari-hari Raya Agung yang
dimulai pada permulaan bulan Elul, ketika Musa dikatakan mendaki ke Gunung
Sinai untuk kedua kalinya dan tinggal di sana 40 hari sampai hari ke-10 Tishrei
(Yom Kippur yang sesungguhnya). Setelah periode teshuvah (pertobatan) ini, Musa
turun dari gunung dan memberi instruksi-instruksi mengenai pembangunan sukkah
Elohim (yang disebut Mishkan [Tabernakel]). Menurut tradisi Yahudi, bahan-bahan
untuk pembangunan Mishkan dikumpulkan pada hari-hari sebelum Sukkot (meskipun
Tabernakel itu sendiri tidak benar-benar dibangun sampai 1 Nisan (Keluaran
40:2)). Belakangan Raja Salomo mentahbiskan Bait Suci selama perayaan Sukkot (1
Raja-raja 8:2,65).
Karena dirayakan tepat menyusul sesudah Hari-hari Yang
Diagungkan dan Pertobatan, Sukkot mewakili periode persekutuan yang dipulihkan
dengan YAHWEH. Bahkan, Mishkan (dan selanjutnya, Bait Suci) mewakili Kehadiran
Elohim yang tinggal di antara umat yang ditebus-Nya (Keluaran 29:44-45).
Pelaksanaan Sukkot modern memberikan hanya beberapa hari
– sejak Yom Kippur berakhir pada hari ke-11 Tishrei sampai 15 Tishrei – untuk
mulai merakit dan mendekorasi sukkah untuk perayaan. Jika Hari-hari Raya Besar
berfokus kepada YAHWEH sebagai Pencipta kita, Hakim kita, dan Dia yang menebus
dosa-dosa kita, perayaan Sukkot adalah waktu ketika kita merayakan semua yang
telah dilakukan YAHWEH bagi kita. Secara profetik dapat dipahami, tujuh hari
menggambarkan olam haba, dunia yang akan datang, dan zaman Kerajaan Seribu
Tahun. Jika Yeshua dilahirkan pada Hari Raya Peniupan Sangkakala (dan mulai
dikandung sejak hari raya Chanukah), maka makna (dan profetik) lain dari
“firman itu sudah menjadi daging dan ber-‘tabernakel’ di antara kita” (Yohanes
1:14) menubuatkan Kerajaan Seribu Tahun yang akan datang, ketika Raja Mesias
akan kembali ber-“tabernakel bersama kita” selama masa pemerintahan-Nya dari
Zion.
Yohanes 1:14 (ILT) Dan Firman itu sudah menjadi daging
dan berdiam (Yunani: skenoo) di antara kita. Dan kita telah melihat
kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai yang tunggal dari Bapa, penuh anugerah
dan kebenaran.
Kata “berdiam” menggunakan kata Yunani “skenoo” , yang
artinya: untuk mendirikan tabernakel, bertabernakel, tinggal (atau hidup) di
dalam tabernakel (atau kemah), tabernakel, tinggal, berdiam.
Karena itu, hari raya Sukkot mewakili waktu persekutuan
yang diperbaharui bersama Elohim, mengingat akan penyediaan tempat perlindungan
dan pemeliharaan bagi kita sementara kita berjalan mengembara di padang gurun,
dikelilingi Awan Kemuliaan… Dalam istilah praktis, perayaan ini dirayakan
selama delapan hari (yaitu , dari 15-22 Tishrei) di mana kita diperintahkan
untuk “tinggal” di sebuah sukkah – sebuah pondok yang dibangun sementara –
dengan penutup atap (schach) ranting-ranting, bambu, dan lain-lain. Sukkah itu
sendiri melambangkan ketergantungan kita akan perlindungan dan penyediaan
makanan dari Elohim. Kita memakan makanan di dalam sukkah dan mengucapkan
berkat khusus (leshev Ba-Sukkah) pada waktu ini.
Sebagai ingatan akan karya Yeshua sebagai Kohen Gadol
(imam besar) Perjanjian Baru, kita sekarang memiliki akses kepada Bait Suci
Surgawi Elohim (Ibrani 4:16). Kita sekarang adalah anggota dari Bait Suci
Tubuh-Nya yang lebih besar; kita sekarang adalah bagian dari Sukkah besar-Nya!
Perayaan
Penuaian Besar Musim Gugur
Sukkot adalah penutup dari hari-hari raya musim gugur
Yahudi dan yang terakhir dari tiga Shelosh Regalim [tiga hari raya ziarah
tahunan: Pesach, Shavu’ot, dan Sukkot (Ulangan 16:16)]. Sangat menarik untuk
membandingkan penggunaan kata-kata yang berkaitan dengan simchah [sukacita]
dalam deskripsi ketiga hari raya ini. Mengenai Pesach, kata simchah tidak
muncul sama sekali (Ulangan 17:1-8); tentang Shavu’ot, hanya muncul satu kali
(Ulangan 17:11); Tapi, mengenai Sukkot, simchah muncul beberapa kali:
Ulangan 16:13-15 (ILT) Engkau harus merayakan bagimu hari
raya Sukkot tujuh hari lamanya, sesudah engkau mengumpulkan hasil dari lantai
pengirikanmu dan dari tempat pemerasan anggurmu. Dan haruslah engkau
bersukacita (samach) pada hari rayamu, engkau dan anak laki-lakimu, dan anak
perempuanmu, dan budakmu, dan wanita pelayanmu, dan orang Lewi, dan pengembara,
dan anak yatim, dan janda, yang ada di dalam gerbangmu. Tujuh hari lamanya
engkau harus memelihara hari raya itu bagi YAHWEH, Elohimmu, di tempat yang
akan YAHWEH pilih; karena YAHWEH, Elohimmu, akan memberkati engkau dalam segala
penghasilanmu dan dalam segala pekerjaan tanganmu; dan haruslah engkau
sungguh-sungguh bersukacita (sameach).
Bahkan, pada zaman Israel kuno, sukacita Sukkot begitu
besar hingga itu dikenal hanya sebagai “Perayaan” (1 Raja-raja 12:32).
Belakangan itu dikenal sebagai z’man simchateinu (“musim sukacita kita”). Ini
adalah waktu ketika banyak dilakukan pengurbanan (Bilangan 29) dan waktu ketika
(pada tahun-tahun Shabbat) Torah akan dibacakan keras-keras kepada seluruh umat
(Ulangan 31:10-13).
Dari perspektif pertanian di Israel kuno, Pesach [Paskah]
berhubungan dengan musim tanam, Shavu’ot [Pentakosta] berhubungan dengan panen
gandum, dan Sukkot berhubungan dengan panen buah-buahan. Ketika Anda menanam
tanaman Anda di musim semi, Anda belum bersukacita karena Anda belum yakin akan
bagaimana nantinya hasil panenan. Dan ketika Anda memanen gandum pada awal
musim panas, Anda mungkin bersukacita karena Anda sekarang telah memiliki roti
di tangan, namun Anda masih belum yakin akan keberhasilan hasil panen
buah-buahan Anda. Sukacita total akan terjadi sesudah Anda memanen seluruh
hasil panen Anda di musim gugur, dan karenanya mendapatkan persediaan dan bekal
untuk tahun yang akan datang dari YAHWEH. Karena alasan ini, Sukkot
kadang-kadang disebut sebagai Chag Ha-asif (atau “Hari Raya Pengumpulan“).
Dari perspektif spiritual, Sukkot berhubungan dengan
sukacita karena mengetahui bahwa dosa-dosa Anda telah diampuni (pada Yom
Kippur), dan juga mengingat akan mujizat penyediaan dan pemeliharaan Elohim
sesudah pembebasan dari perbudakan di Mesir (Imamat 23:43). Secara profetik,
Sukkot mengantisipasi kerajaan Mesias Yeshua dimana segala bangsa akan datang
ke Yerusalem untuk menyembah YAHWEH selama perayaan Sukkot (lihat Zakharia
14:16). Sukkot sekarang ini adalah waktu untuk mengingat Kehadiran Perlindungan
dan Penyediaan Elohim bagi kita untuk permulaan Tahun Baru. Mengingat karya
Yeshua sebagai Kohen Gadol (imam besar) Perjanjian Baru, kita sekarang memiliki
akses ke Bait Suci Surgawi Elohim (Ibrani 4:16). Kita sekarang adalah anggota
dari Bait Suci Tubuh-Nya yang lebih besar; kita sekarang adalah bagian dari
Sukkah besar-Nya!
Sukkot
Dalam Kitab Suci
Pada zaman Alkitab, Sukkot dianggap yang paling penting
dari semua hari-hari raya YAHWEH (mo’edim), dan hanya disebut sebagai
“Perayaan” (1 Raja-raja 12:32). Ini adalah waktu dimana banyak dilakukan
pengurbanan (Bilangan 29:12-40) dan waktu ketika (pada tahun-tahun Shabbat)
Torah dibacakan dengan lantang kepada umat (Ulangan 31:10-13). Ini adalah salah
satu dari tiga hari raya yang diwajibkan oleh YAHWEH (Keluaran 23:14; Ulangan
16:16).
Keluaran 23:14-16 (ILT) Tiga kali dalam setahun engkau
harus mengadakan perayaan bagi-Ku. Haruslah engkau memelihara hari raya Roti
Tidak Beragi. … Juga hari raya Penuaian, yaitu hasil-hasil pertama dari
hasil-hasil kerjamu yang engkau taburkan di ladang. Dan hari raya Pengumpulan,
yakni pada saat berakhirnya tahun, yaitu pada saat kamu mengumpulkan
hasil-hasil kerjamu dari ladang.
Torah secara eksplisit memerintahkan tiga hal mengenai
perayaan Sukkot:
- Untuk mengumpulkan “empat spesies” (Imamat 23:40)
- Untuk bersukacita di hadapan YAHWEH (Ulangan 16:13-14; Imamat 23:40)
- Untuk tinggal di dalam sukkah (Imamat 23:42)
IMAMAT 23:42-43 FAYH
Selama tujuh hari itu semua orang Israel harus tinggal di
dalam pondok-pondok daun. 23:43 Dengan demikian umat Israel turun-temurun akan
ingat bahwa Akulah yang telah menuntun mereka keluar dari Tanah Mesir dan
membawa mereka tinggal di dalam pondok-pondok. Akulah Yahweh, TUHAN,
Allahmu."
MANUSIA ROH
Yohanes 3:8 (TB)
Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi
engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya
dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."
Makna Pondok Daun juga:
1.Pencurahan
Roh Kudus = Air Hidup
Menentukan Seberapa banyak hujan turun pada musim tanam
berikut.
2.Apa
yang belum genap air mata pada hari Rosh Hashanah dan Yom Kippur, Genap dengan
Sukacita pada hari Pondok Daun ini
3.Lambang
‘Chuppah’ : Pernikahan Dengan Tuhan
Tuhan datang kembali dan tinggal bersama umatNya dimasa
yang baru (Kerajaan 1000 Tahun)
WARISAN
ORANG-ORANG KUDUS
Salah satu golongan Yahudi Percaya dengan Tradisi
Mengundang Tujuh Tamu Orang Kudus Setiap Malam Pondok Daun. Tujuh Pemimpin
Bangsa Yahudi. Nah mari kita meminta atau mengambil warisan dari orang-orang
hebat di Alkitab. Kita ambil Sesuai Iman dan Pimpinan Tuhan bukan Mistik! Jangan
malu dan berpikir itu mistik, bukan. Kita mengikuti tradisi mereka untuk yang
Ilahi atau Karunia yang Ilahi, bukan secara baku.
Nah, berikut orang-orang hebat di Alkitab yang patut kita
ambil warisannya:
1. ABRAHAM : IMAN
Yakobus 2 : 23 *Percayalah Abraham
Abraham disebut Sahabat Allah
2. ISHAK : Sonship & Penyerahan
Ketika mereka sampai di tempat yang dikatakan Allah
kepada Abraham, ia mendirikan sebuah mezbah dan menyusun kayu bakar itu di
atasnya. Lalu diikatnya anaknya dan dibaringkannya di mezbah, di atas kayu
bakar itu.
3. YAKUB DIDIKAN ROH KUDUS & KERJA KERAS
Kejadian 31:40 (TB)
Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan
mataku jauh dari pada tertidur.
Kejadian 47:9 (TB)
Jawab Yakub kepada Firaun: "Tahun-tahun pengembaraanku sebagai
orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit
saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun
mereka mengembara sebagai orang asing."
4. DANIEL ROH YANG LUAR BIASA
Daniel 6:3 (TB)
(6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja
itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk
menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
5. MUSA LEMBUT HATI & MENANGKAP SEMUA
Menangkap Semua dan Menjadikan Di Bumi
Keluaran 25:8-9 (TB)
Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di
tengah-tengah mereka.
Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai
contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus
kamu membuatnya."
6. YOSUA MENYELESAIKAN DENGAN TUNTAS
Yosua 21:44-45 (TB)
Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat
seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak
ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua
musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka.
Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum
Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.
Perjumpaan dengan Tuhan
Kejadian 32:28-30 Orang itu berkata, "Namamu bukan
Yakub lagi. Engkau telah bergumul dengan Allah dan dengan manusia, dan engkau
menang; karena itu namamu menjadi Israel." Yakub berkata, "Katakanlah
nama Tuan." Tetapi orang itu menjawab, "Tidak perlu engkau bertanya
siapa namaku!" Lalu diberkatinya Yakub. Kemudian Yakub berkata, "Saya
telah bertemu muka dengan Allah, dan saya masih hidup." Karena itu dinamakannya
tempat itu Pniel. FACE TO FACE
7. DAUD SEIRAMA DENGAN TUHAN (A Man After God's own Heart)
Kisah Para Rasul 13:22 (TB) Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat
Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah
mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan
segala kehendak-Ku.
MENARI
ATAU DIBUANG
Psalm 2:8-9 The Message (MSG)
7-9 Let me tell you what God said next. He said, “You’re
my son, And today is your birthday. What do you want? Name it: Nations as a
present? continents as a prize? You can command them all to dance for you, Or
throw them out with tomorrow’s trash.”
Wahyu 14:14-16 (TB)
Dan aku melihat: sesungguhnya, ada suatu awan putih, dan di atas awan
itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas
kepala-Nya dan sebilah sabit tajam di tangan-Nya.
Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan
ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu:
"Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk
menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak."
Dan Ia, yang duduk di atas awan itu, mengayunkan
sabit-Nya ke atas bumi, dan bumi pun dituailah.
Demikian artikel tentang perayaan Sukkot untuk tahun Ayin
Tet 5779 ini. Kiranya dpat menjadi berkat bagi semua, terima kasih. God Bless..
No comments:
Post a Comment